Horok-horok, Kuliner Khas Jepara yang Murah dan Lezat

Post a Comment

Horok-horok-Kuliner-Khas-Jepara-yang-lezat
Horok-horok


Jepara yang dikenal sebagai kota Ukir juga mempunyai beragam kuliner yang enak serta khas dengan keunikannya masing-masing, salah satunya adalah horok-horok. Makanan horok-horok ini bagi masyarakat Jepara merupakan jenis karbohidrat pengganti nasi.

Horok-horok, mendengar namanya memang sedikit aneh, dan tidak ada yang tahu mengapa kuliner ini mendapat nama demikian. Bagi masyarakat Kabupaten Jepara, kuliner horok-horok sudah tidak asing lagi.

Makanan warisan nenek moyang masyarakat Bumi Kartini ini merupakan menu istimewa. Karena cocok dipadukan dengan beberapa jenis makanan lain. Antara lain pecel, bakso, sate, bahkan dapat dijadikan variasi untuk berbagai jenis minuman.

Konon katanya, dalam proses pembuatan horok – horok ini tingkat keberhasilannya tergantung pada suasana hati si pembuat. Jika si pembuat sedang merasa marah atau kesal maka horok – horok yang dibuat akan gagal. Sehingga di butuhkan kesabaran dan ketulusan hati saat membuatnya.

Selain itu pembuat harus bersih juga secara fisik. Bila tangan si pembuat masih menyisakan bau amis dan memaksakan untuk membuatnya maka Horok – horok yang dibuat akan cepat membusuk. Sehingga untuk membuat Horok – horok ini, si pembuat harus hati – hati agar Horok – horok yang di buat terasa nikmat.

Horok-horok adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Horok-horok merupakan mkanan yang tergolong langka karena horok-horok umumnya hanya ditemukan di Jepara, Sulit bahkan tidak dapat ditemukan di luar Jepara. Horok-horok umumnya dimakan dengan Sate Kikil, soto, bakso, gulai, dan sayur pecel. Selain itu dapat juga dimakan dengan diberi santan dan sedikit gula pasir, seperti bubur.

Meskipun pedagang horok-horok di Kota Ukir terbatas, namun untuk mendapatkan kuliner itu di Kota Ukir tidaklah sulit. Hampir di semua pasar tradisional ada penjual horog-horog. Bahkan warung-warung makan disejumlah daerah di Jepara, juga menyediakan horok-horok dalam berbagai olahan. Jika membeli di warung makan, satu potong biasanya dihargai Rp 1.000.

Di desa Plajan, Bugel, dan Menganti adalah salah satu sentra pembuatan horok-horok atau kalau hanya ingin menikmati makanan ini bisa mengunjungi pasar sore Karangrandu di Kecamatan Pecangaan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner tradisional khas Jepara yang kenyal nan gurih yang biasanya di sajikan di atas lipatan daun jati ini.

Related Posts

Post a Comment