Keren! Tradisi Perang Obor di Desa Tegalsambi Jepara

Post a Comment


Perang obor merupakan kebudayaan Indonesia yang keren banget dari Desa Tegalsambi, Tahunan, Jepara. Tradisi Perang Obor sudah dilakukan turun temurun oleh masyarakat sekitar. Selain sebagai daya tarik wisatawan untuk datang ke daerah ini, tradisi perang obor ini ternyata bertujuan sebagai ritual tolak bala dan ucapan syukur masyarakat Tegalsambi atas panen yang melimpah.

Perang obor itu sendiri adalah ritual yang dilakukan dengan cara berperang untuk saling menghantam menggunakan obor yang dibuat dari daun pisang kering dan sabut kelapa kering. Pesertanya adalah warga yang ditugaskan sebagai ‘tentara’ untuk saling berperang satu sama lain. Mereka haruslah orang yang berani dan tidak takut dengan api.

Meskipun sedikit berbahaya, tradisi ini terus dilestarikan oleh warga sekitar setiap masa panen tiba. Warga pun tidak takut untuk melakukan tradisi ini meskipun menimbulkan luka bakar cukup serius bagi para peserta maupun penontonnya.

Namun, mereka telah menyiapkan ramuan khusus sebagai obat luka bakar yang dipercaya mampu menyembuhkan luka tersebut. Bahkan penyembuhan dengan obat ini lebih cepat dibanding dengan obat dokter.

Tradisi perang obor ini memang sangat unik dan menantang. Terlepas benar atau tidaknya cerita dan manfaat dari tradisi ini dilakukan. Yang jelas tradisi ini harus dipertahankan dan dilestarikan karena sebagai simbol dan identitas kebudayaan Indonesia.

Related Posts

Post a Comment