Inilah Syarat Warga Penghayat Kepercayaan di Jepara Ubah Status Agama E-KTP

1 comment


11 warga penganut penghayat kepercayaan di Kabupaten Jepara telah memperoleh Kartu Tanda Penduduk secara elektronik (e-KTP).

Empat warga di antaranya telah mengubah database kependudukan mereka pada akhir 2018. Sedangkan 7 orang lainnya pada pekan kedua Februari 2019.

Bagi setiap penganut penghayat kepercayaan, kata Kabid Pengelolaan Informasi Adnimistrasi Kependudukan Disdukcapil Jepara, Susetyo mengatakan, diminta untuk datang langsung ke Kantor Disdukcapil Jepara apabila hendak mengubah status agama mereka.

Syaratnya, membawa surat keterangan dari tokoh kelompok kepercayaan yang bersangkutan. Dalam mengubah status menjadi penganut kepercayaan, harus mengubah dahulu Kartu Keluarga (KK).

"Mengubah KK bisa dilakukan bersamaan dengan mengubah status di e-KTP," kata Susetyo, Jumat (1/3/2019).

Dalam mengubah status agama, bagi penganut penghayat kepercayaan sudah spesifik. Artinya, pada pilihan pengisian agama tidak muncul, yang ada di baris pilihan kepercayaan.

"Bukan agama garis miring kepercayaan, tapi spesifik kepercayaan apa, agamanya apa," katanya.

Selanjutnya, pihaknya sejauh ini memang belum melakukan sosialisasi secara terbuka kepada penganut penghayat kepercayaan. Khawatirnya, jika terjadi polemik di kalangan masyarakat. "Untuk informasi kami masih pusatkan di sini, di Kantor Disdukcapil Jepara," katanya.

sumber: tribunnews.com

Related Posts

1 comment

Post a Comment