Penjualan Furniture di Jepara Menurun di Masa Pandemi

Post a Comment

JEPARADISE- Semenjak adanya virus corona atau biasa disebut Covid-19 para pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan. Diliput dari CNN Indonesia, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi menyebut pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi kelompok yang terpukul paling keras akibat pandemi virus corona.

Sejak covid-19 masuk RI pada Maret lalu hingga awal Agustus, tercatat omzet UMKM anjlok sebesar 75 persen.

Kalangan pedagang meuble di Jepara juga mengalami penurunan. Yang awalnya mendapatkan rata-rata 5 sampai 10 orderan setiap bulan menjadi sulit mendapatkan orderan. Bapak Maulana yang membuka usaha meuble di Jepara mengaku bahwa dia bisa mendapatkan sampai 20 orderan setiap bulan. Namun, omzet dagangannya menurun sejak adanya virus COVID-19.

“Biasanya saya bisa mendapatkan sampai 20 orderan setiap bulan. Tetapi sejak adanya virus corona ini penjualan saya menurun drastis, jangankan 20 orderan setiap bulannya, mendapatkan 1 orderan 1 bulan sekarang sangat sulit bagi saya,” kata Maulana.

Maulana mengatakan bahwa kebanyakan yang membeli dagangannya bukan dari Jepara tapi dari luar Jepara. “Kebanyakan yang beli dagangan saya dari sekitar Jabodetabek dan Jawa Barat,” tuturnya.

“Saya berharap pihak kesehatan bisa lebih efektif dalam penanganan virus corona ini dan dapat menemukan vaksin covid 19 supaya para pelaku usaha meuble dapat kembali normal seperti tahun lalu,” ujar Maulana.


Sumber: viva.co.id

Newest Older

Related Posts

Post a Comment