Seluruh Tempat Wisata Jepara Tutup Saat Nataru Kecuali Karimunjawa

Post a Comment


JEPARADISE- Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah telah memastikan untuk menutup seluruh objek wisata selama libur natal dan tahun baru 2021. Namun, objek wisata Taman Nasional Karimunjawa tetap buka.

"Taman Nasional Karimunjawa tetap buka saat libur Nataru," kata Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Titi Sudaryanti saat dihubungi detikcom lewat pesan singkat, Kamis (24/12/2020).

Titi mengatakan ada alasan tersendiri Karimunjawa tetap buka. Menurutnya Karimunjawa merupakan objek wisata yang dikelola oleh pemerintah pusat. Sedangkan untuk surat edaran Pemkab Jepara yang dimaksud objek wisata yang dikelola pemerintah daerah, pemerintah desa, dan masyarakat.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kadispar (Kepala Dinas Pariwisata Jepara) dan Taman Nasional Karimunjawa tidak termasuk dalam surat tersebut karena Taman Nasional Karimunjawa yang mengelola adalah pemerintah pusat," dia menerangkan.

Meski demikian, kata Titi wisatawan yang ke Karimunjawa harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seperti harus membawa surat rapid test antigen. Selain itu juga ada pembatasan usia antara 10 tahun dan 60 tahun sesuai rekomendasi Gubernur Jawa Tengah.

"Untuk wisatawan dari luar Jawa tengah harus rapid antigen, sehingga perlu pengetatan di pelabuhan Jepara. Selain itu juga ada batasan usia antara 10 dan 60 tahun sesuai rekomendasi dari Gubernur Jawa Tengah," ujar dia.

Namun lanjutnya, Titi menyayangkan kebijakan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara yang menambah trayek penyeberangan menuju Karimunjawa. Karena menurutnya kunjungan ke Karimunjawa dibatasi sebanyak 300 orang per Minggunya.

"Saya hanya menyayangkan penambahan trayek kapal yang dapat menimbulkan peningkatan wisatawan ke Taman Nasional Karimunjawa, padahal ada batas kuota kunjungan ke sana sebanyak 300 orang per Minggunya," ujar Titi.

Diwawancarai terpisah Kasi Pelabuhan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Supomo mengatakan, ada penambahan trayek penyeberangan menuju objek wisata Taman Nasional Karimunjawa. Penambahan trayek penyeberangan pada hari Jumat (25/12) dan hari Minggu (27/12).

"Besok (Jumat) itu Kapal Expres Bahari jam 7.00 WIB dari Jepara, terus jam 10.00 WIB dari Karimunjawa menuju Jepara. Dan jam 1.30 WIB dari Jepara ke Karimunjawa. Terus untuk hari Minggu 27 Desember 2020, penyeberangan dari Karimunjawa jam 7.00 WIB, Jepara ke Karimunjawa jam 10.00 WIB, dan Karimunjawa ke Jepara jam 1.30, itu (trayek penyeberangan) tambahan," kata Supomo saat dimintai konfirmasi detikcom lewat sambungan telepon, Kamis ini.

Supomo mengatakan, bagi wisatawan yang datang ke Karimunjawa wajib membawa surat bebas Corona. Selain itu juga penumpang ke Karimunjawa dibatasi 50 persen.

"Yang naik kapal kemarin rapid test. Terus aturan Bupati (Jepara) mulai besok pagi rapid test antigen. Ya baik dari Jepara, Jawa Tengah atau luar jawa. Sedangkan untuk penduduk Karimunjawa menunjukan KTP saja. Pembatasan jumlah penumpang separuh dari kapal. 400 dibuat 248," jelas Supomo.

Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memastikan menutup seluruh objek wisata selama libur natal dan tahun baru 2021. Penutupan tempat wisata di Kota Ukir itu dimulai Kamis 24 Desember 2020 besok sampai 3 Januari 2021.

"Penutupan dimulai Kamis, 24 Desember hingga 3 Januari 2021," kata Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam keterangan tertulis.

Menurutnya objek wisata yang ditutup dikelola oleh pemerintah daerah, swasta dan masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran nomor 556/4575 perihal penutupan objek wisata selama libur natal dan tahun baru 2021.


Sumber: travel.detik

Related Posts

Post a Comment