Ini Makanan yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung ke Jepara

Post a Comment

JEPARADISE - Jepara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan keunikan budaya dan tradisi yang dimiliki. Wilayah yang terletak di Jawa Tengah bagian utara itu juga dikenal luas hingga ke mancanegara sebagai pusat kerajinan ukir kayu.

Jepara yang merupakan kota kelahiran RA Kartini ini juga memiliki makanan khas yang wajib dicoba ketika berkunjung. Banyak sekali makanan khas Jepara dengan cita rasa tradisional khas makanan Nusantara. Hal inilah yang menjadikan Jepara semakin menarik untuk dikunjungi.

Buat kamu yang sedang menikmati liburan di Jepara, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner lezat di sana ya. Dilansir dari merdeka.com, berikut adalah makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jepara.


Soto Jepara

Soto Jepara menjadi salah satu kuliner andalan yang cocok untuk menu sarapan. Jenis soto satu ini memiliki kuah kaldu bening kekuningan yang dipadukan dengan santan sebagai campurannya. Berbeda dengan jenis soto lainnya, soto Jepara menggunakan daun kucai sebagai pelengkapnya yang akan menambah kelezatan soto ini.

Biasanya, soto Jepara akan disajikan dengan tambahan tahu, sate usus, atau horok-horok. Cukup dengan membayar sekitar Rp12.000 per porsi, kamu sudah bisa menikmati kelezatan makanan khas Jepara satu ini.


Kuluban

Salah satu makanan khas Jepara yang terkenal adalah kuluban atau kluban. Makanan ini dibuat dari berbagai macam sayur yang ditambahkan bumbu dari parutan kelapa. Beberapa jenis sayur yang biasa digunakan antara lain daun singkong, kangkung, sawi, dan labu siam.

Adapun bumbu yang digunakan untuk membuat kuluban, yaitu kelapa, cabai, gula, dan terasi. Rasanya yang gurih dan pedas, menjadikan makanan khas Jepara satu ini benar-benar menggugah selera. Bagi kamu yang berkunjung ke Jepara, sebaiknya tidak melewatkan untuk mencicipi kuluban.


Opor Panggang

Opor panggang menjadi salah satu makanan khas Jepara yang cukup unik. Berbeda dengan opor lainnya, proses memasak opor Jepara dipanggang sehingga memberikan aroma yang begitu khas. Dagingnya yang empuk dengan bumbu berupa jeruk, bawang, dan santan, membuat opor panggang Jepara menjadi kuliner khas digemari semua kalangan.

Buat kamu yang menyukai kuliner bersantan, sebaiknya mencoba makanan khas Jepara satu ini. Bumbunya yang meresap ke dalam dan aromanya yang khas, menjadikan setiap orang yang mencicipinya bakal ketagihan.


Singit

Singit adalah makanan khas Jepara yang terbuat dari daging sangkel yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti gula merah, garam, kecap, bawang putih, santan, dan bawang merah.

Sekilas, makanan khas Jepara satu ini mirip dengan rendang. Bedanya, singit memiliki bumbu yang lebih encer dan daging yang digunakan adalah bagian jeroan dari sapi. Biasanya, untuk satu porsi singit dijual dengan harga sekitar Rp20.000.


Lontong Krubyuk

Makanan khas Jepara selanjutnya, yaitu lontong krubyuk. Biasanya, makanan khas Jepara satu ini disajikan bersama suwiran daging ayam, campuran taoge, dan irisan daun taoge. Sedangkan, kuahnya menggunakan kuah kaldu sapi yang akan membuat sensasi rasanya semakin menggoda.

Buat kamu yang berkunjung ke Jepara, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan tradisional khas Jepara ini. Cukup membayar Rp10.000, kamu sudah bisa menikmati kelezatan lontong krubyuk yang selalu berhasil menggugah selara.


Pindang Serani

Berkunjung ke Jepara tanpa mencicipi pindang serani dijamin bakalan rugi. Makanan khas Jepara ini merupakan sejenis sup ikan yang memiliki rasa asam, pedas, dan manis. Biasanya, ikan yang digunakan untuk membuat pindang serani adalah ikan bandeng, ikan kerapu, dan ikan kakap.

Pindang serani biasanya menggunakan bumbu khas seperti bawang merah, belimbing wuluh, bawang putih, tomat, daun kemangi, dan daun bawang. Rasanya yang gurih dan lezat, menjadikan pindang khas Jepara ini cocok dinikmati saat musim hujan.

Nah, itu dia beberapa makanan khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jepara. Sayang banget kalau cuma datang tapi belum mencicipi kuliner khas di Jepara. Semua makanan tersebut bakal menggugah selera makanmu. 

Related Posts

Post a Comment